Pasang iklan free Pusat Niaga Online
resep masakan indonesia sehari hari resep masakan indonesia praktis
resep masakan indonesia mudah resep masakan nusantara
resep kue resep martabak manis resep keluarga nugraha resep nasi uduk
Ingin Berbagi Resep Online Resep Online
..<< Resep Memasak >>..

Sunday 21 June 2009

Agar Tumbuhan Bumbu Tahan Lama

bumbu dapurSimpan tumbuhan bumbu dengan benar agar tahan lebih lama untuk penggunaan selanjutnya.

Parsli (peterseli, atau seledri), dill, basil, dan cilantro banyak digunakan sebagai bumbu masak, baik untuk makanan asing maupun makanan lokal. Tumbuh-tumbuhan bumbu ini berbahan dasar air yang rentan, dan akan bekerja lebih baik jika mereka dibekukan dalam campuran yang mengandung lemak, seperti minyak atau mentega.

Anda bisa membuat puree dari tumbuhan bumbu tadi menggunakan food processor atau blender dengan minyak atau mentega secukupnya. Kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke dalam freezer. Dibuat dalam keadaan seperti ini, tumbuhan bumbu tadi bisa tahan hingga 6 bulan. Namun Anda perlu memperhatikan, ketika akan dibuat puree, tumbuhan bumbu cenderung akan berubah menjadi hitam karena adanya minyak. Masukkan beberapa es batu untuk tetap menjaga campuran tadi tetap berwarna hijau.

Berbeda dengan tumbuhan tadi, bay leaves (daun salam), marjoram, mint, oregano, sage, dan taragon justru membutuhkan sirkulasi udara. Tumbuhan bumbu semacam ini cukup diangin-anginkan di rak kawat. Atau, simpan pada botol kaca berisi air dalam keadaan berdiri pada batangnya. Ini akan tetap menjaga minyak alami tumbuhan bumbu ini kurang lebih hingga 6 minggu.

NAD
Sumber : Real Simple

Daun Kemangi, Si Harum Pereda Stres
Kemangi untuk penambah nikmat rasa makanan, juga berkhasiat redakan stres.

Daun Kemangi Anti stress


Kemangi adalah tumbuhan rempah berbatang pendek. Sering digunakan untuk bumbu masakan. Kemangi tumbuh di berbagai belahan dunia. Di daerah Mediterania (Italia), disebut genovese. Sedangkan di Thailand dan India, disebut holy basil atau tulsi.

Beberapa studi membuktikan daun kemangi dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin dan noradrenalin, serta menurunkan kadar serotonin yang memicu stres.

Manfaat lain daun kemangi adalah menurunkan kadar gula darah. ”Biji kemangi (selasih) banyak digunakan sebagai campuran minuman penyegar. Kalau direndam lalu diminum tanpa pemanis, maka bisa menurunkan kadar gula darah. Namun, kandungan minyak atsiri pada daunnya harus diwaspadai karena dapat mengganggu hormon,” saran Dr. (Naturopathy) Ir. Donny Hosea MBA, PhD.

Cara penggunaan: Untuk meredakan stres, nikmati 1-2 cangkir teh daun kemangi. Caranya: 10-15 helai daun kemangi direndam dalam air mendidih selama kurang lenih 5 menit, saring, lalu sajikan. Kalau ingin praktis, kini tersedia teh kemangi di berbagai swalayan organik.

Sumber : prevention

0 comments:

Other Menu

Topic Relation
Digg! Add to Google

Add to Technorati Favorites

Info HandPhone | Price List