Pasang iklan free Pusat Niaga Online
resep masakan indonesia sehari hari resep masakan indonesia praktis
resep masakan indonesia mudah resep masakan nusantara
resep kue resep martabak manis resep keluarga nugraha resep nasi uduk
Ingin Berbagi Resep Online Resep Online
..<< Resep Memasak >>..

Sunday 21 June 2009

10 Pantangan Menyajikan Masakan Italia

italian foodGulung spageti dengan garpu seperti ini.

Bagi Anda penyuka aneka sajian Italia, ada baiknya mengetahui 10 pantangan berikut agar sajian tersebut makin terasa lezat dan nikmat!

1. Jangan mematahkan pasta sebelum diolah atau memotong-motongnya saat disantap. Jika belum tahu cara menggulung linguine, spaghetti, atau fettuccine dengan garpu, pesanlah jenis pasta yang mudah dinikmati, seperti penne.

2. Jangan menggunakan minyak dalam air rebusan. Minyak akan menyelimuti pasta dan menyulitkan saus meresap ke dalamnya. Pasta sengaja diproduksi dalam bentuk-bentuk khusus agar saus yang sesuai untuk masing-masing bentuk melekat ke pasta dengan cara khusus pula. Itulah mengapa tersedia aneka saus untuk setiap bentuk pasta yang berbeda dengan tekstur yang berbeda pula. Minyak hanya boleh ditambahkan ke atas pasta yang sudah matang, bila itu bagian dari sausnya. Namun, teruslah mengaduknya sampai pasta benar-benar siap disajikan.

3. Untuk alasan apa pun, jangan menggunakan bawang putih yang dimemarkan. Bawang putih yang dimemarkan akan merusak citarasa khasnya, dan membuat sarinya terbuang percuma. Sari bawang putih pun jangan dicampurkan ke dalam saus. Bawang putih harus ditangani menggunakan pisau, apakah diiris tipis, dipotong dadu, dihaluskan, atau kombinasi ketiganya. Bila sudah telanjur mememarkan bawang putih, manfaatkan saja untuk hidangan lain yang bukan pasta.

4. Jangan menggunakan minyak zaitun supermurni untuk memasak pasta. Citarasanya yang terlalu berat, lebih cocok untuk salad. Cukup gunakan minyak zaitun biasa, bukan yang virgin atau malah extravirgin. Filippo Berio merupakan minyak zaitun terbaik, sementara Bertolli merupakan pilihan yang cukup baik.

5. Janganmenggunakan oregano dalam sembarang sajian, kecuali dalam resep jelas-jelas disebutkan penggunaan oregano. Bila menggunakan oregano, pastikan yang masih segar. Menu dengan oregano biasanya mudah ditandai dengan sebutan khusus “oreganata”, misalnya oreganata udang, oreganata kerang, dan lainnya. Dan jangan gunakan oregano dalam saus. Memang, seringkali tampak oregano kering dalam saus pizza. Namun, orang Italia tak menggunakan oregano dalam masakan mereka.

6. Tumislah bawang putih sebentar sampai berwarna kuning, bukan kecoklatan. Lakukan hal serupa pada bawang bombai. Bawang putih yang kecoelatan akan kehilangan rasa asam yang terkandung di dalamnya, dan menghancurkan citarasa hidangan. Bawang putih memiliki aroma alami yang akan keluar hanya dengan menumisnya sebentar.

7. Jangan menggunakan daun seledri keriting. Gunakan daun seledri khas Italia berdaun datar. Daun seledri berdaun rata ini begitu lembut, tak memiliki rasa maupun aroma. Jangan pula menggunakan cilantro untuk menggantikan seledri berdaun datar bila tak mau masakan Italia jadi bercitarasa ajaib.

8. Jangan memasak daun seledri! Untuk menghadirkan kesegaran alami, daun seledri baru bisa ditambahkan ke atas sajian saat betul-betul akan dihidangkan. Dan gunakan selalu daun seledri yang masih segar.

9. Jangan mencampur bawang putih dan bawang bombai dalam hidangan yang sama. Citarasa masing-masing akan saling mengacaukan. Jika menginginkan citarasa keduanya, lebih baik gunakan bawang merah kecil.

10. Jangan menggunakan keju di atas sajian seafood, atau keju parmesan di atas linguine dengan saus remis atau linguine udang. Di Italia, Anda harus meminta secara khusus bila menginginkan keju.

(Paskaria)

0 comments:

Other Menu

Topic Relation
Digg! Add to Google

Add to Technorati Favorites

Info HandPhone | Price List