Pasang iklan free Pusat Niaga Online
resep masakan indonesia sehari hari resep masakan indonesia praktis
resep masakan indonesia mudah resep masakan nusantara
resep kue resep martabak manis resep keluarga nugraha resep nasi uduk
Ingin Berbagi Resep Online Resep Online
..<< Resep Memasak >>..

Monday 13 October 2008

Menu Kuah Dari Berbagai Negara

SETIAP negara memiliki hidangan unik. Salah satu menu favorit yang ada di tiap negara adalah makanan berkuah yang dapat dikonsumsi kapan saja.

Hidangan berkuah mampu memberi kesegaran tersendiri bagi penyantapnya. Selain mudah mengonsumsinya, rasa menu berkuah juga lebih segar meski disantap tanpa memperhatikan waktu. Seperti di Jepang, sup bisa disajikan berbarengan dengan hidangan utama. Tidak heran, di negeri sakura tersebut sup menjadi salah satu menu favorit. Berbagai hidangan berkuah sangat mudah ditemukan, misalnya sup ikan dan sup miso yang terbuat dari potongan buncis. Di Jepang, terkenal pula sup bakmi atau yang dikenal dengan istilah ramen.

Bukan hanya Jepang yang memiliki hidangan berkuah yang sangat terkenal. Mesir juga memiliki hidangan sejenis yang unik. Dari segi bumbu, masakan Mesir sebenarnya hampir sama dengan masakan India. Masakan Mesir selalu hadir dengan kombinasi bumbu-bumbu yang lengkap, sehingga rasanya menjadi lebih enak dan gurih. Dari segi aroma, tentu saja menu tersebut terasa amat menggigit karena mengutamakan cita rasa dari bumbu dan rempah-rempah. Seperti rasa pedas yang benar-benar datang dari buah cabai. Salah satu hidangan berkuah yang terkenal dari negara itu adalah okra.

Bumbu yang paling banyak digunakan dalam menu khas Mesir antara lain kapulaga, kayu manis, bunga lawang, jeruk lemon, minyak zaitun, peterseli, dan tomat. Sedangkan untuk membuat okra, bumbu yang digunakan sangat simpel dan ringkas, sehingga siapa pun bisa mencoba membuatnya. "Hidangan berkuah telah menjadi hidangan favorit di berbagai negara di dunia.
Kalau di Indonesia, hidangan berkuah didominasi oleh soto, sop buntut, atau sup daging biasa," kata chef dari Gaspacho Restaurant di Kelapa Gading Jakarta Utara, Arman Kusuma.

Tidak kalah dengan Jepang dan Mesir, China yang terkenal dengan keanekaragaman seafood-nya juga memiliki hidangan berkuah yang unik. Salah satu yang paling terkenal dari China adalah double boiled shark fin stuffed with chicken soup. Menu ini terbuat dari sirip ikan hiu yang diolah menjadi hidangan yang banyak digemari.

"Secara umum, hidangan berkuah di mana pun asalnya cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Karena hidangan berkuah biasanya dikonsumsi untuk selingan dalam acara makan yang formal," kata Arman lagi.

Negara-negara lain di dunia boleh saja bangga dengan aneka hidangan berkuah yang dimiliki. Namun, Indonesia tidak kalah banyak memiliki hidangan berkuah yang dapat dinikmati kapan saja. Saking banyak hidangan berkuah di negeri ini, sehingga belum ada yang tahu berapa jumlah persis jenis hidangan tersebut. Hanya, dari sekian banyak hidangan berkuah di Indonesia, salah satu yang perlu dicoba adalah sup kikil sapi.

"Menu ini terbuat dari kulit sapi atau di daerah Jawa dikenal dengan istilah kikil. Sup ini akan sangat segar ketika dikonsumsi sewaktu masih hangat. Sup ini biasanya dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu lengkap," tutur Arman.
(sindo//tty)

0 comments:

Other Menu

Topic Relation
Digg! Add to Google

Add to Technorati Favorites

Info HandPhone | Price List